Fungsi & Kegunaan Stabilizer Listrik

instalasi stabilizer yoritsu 2

Stabilizer atau automatic voltage regulator berfungsi untuk menjaga voltage listrik agar stabil atau normal. Tegangan yang stabil sangat dibutuhkan untuk peralatan elektronik yang anda miliki. Perangkat rumah tangga, kantor bahkan peralatan industri seperti kulkas, chiller, komputer, peralatan laboratorium bahkan mesin CNC membutuhkan stabilizer bilamana voltage listrik yang masuk ke perangkat sudah tidak normal lagi. 

instalasi stabilizer yoritsu 1

Bayangkan kerugian yang terjadi akibat voltage listrik yang turun naik, fungsi dan kegunaan dari perangkat anda akan semakin cepat berkurang yang berujung dengan kerusakan. Sangat di sayangkan bukan. Karena itu lindungi investasi anda dengan membeli stabilizer yoritsu.

Sebelum memutuskan membeli stabilizer, terlebih dulu cek seberapa besar pemakaian listrik di tempat anda. Dengan demikian anda bisa menentukan besarnya kapasitas stabilizer yang akan di beli. Pemakaian listrik harus 80% dari kapasitas stabilizer terpakai, untuk menjaga performa stabilizer yang bekerja dan sebagai buffer jika ada kelebihan pemakaian.

Untuk mengetahui jenis stabilizer yang anda butuhkan, bisa diketahui dengan memeriksa meteran PLN yang biasanya terpasang di depan rumah, ruko atau workshop. Silakan lihat pada bagian MCB nya, jika 1 pole berarti listrik di meteran PLN anda berjenis 1 phasa. Sedangkan jika ada 3 deret dengan 1 pole itu berarti listrik anda bertegangan 3 phasa.

meteran 1 phasa meteran 3 phasa

Dipasaran sudah banyak beberapa jenis stabilizer. Terdiri dari berbagai macam model dan kapasitas. Saat dibuka bagian dalamnya barulah ketahuan bagaimana bentuk dan jenis dari stabilizer tersebut.
1. Stabilizer servo motor

avr-servo.jpg
Stabilizer model ini memakai servo motor untuk menstabilkan listrik. motor akan berputar bolak balik guna mendapatkan voltage yang stabil, biasanya berputar dalam waktu 2 sampai dengan 5 detik untuk mencapai kestabilan.  

2. Stabilizer relay

avr-relay.jpg
Stabilizer model ini menggunakan toroid yang statis dan relay untuk bekerja bila tegangan listrik berfluktuasi. Stabilizer jenis reaksinya memang cepat namun mempunyai kelemahan yaitu kestabilannya kurang baik.

3. Stabilizer dengan sistem Digital Control

stabilizer-yoritsu-MDI-10KVA

Stabilizer model ini lebih baik dibandingkan dengan sistem relay dan juga dilengkapi dengan fitur yang lebih mumpuni. Mulai dari digital LED sehingga lebih cepat untuk mengetahui ouput voltage. Adjustable PCB electronic dengan akurasi mulai 1%, 2%, 3% dan 4%. Diperkuat dengan dengan heavy duty, high speed, low noise servo motor dan mempunyai efisiensi tinggi diatas 98%.

Jadi jika anda ingin membeli stabilizer, pilihlah stabilizer yang memiliki efisiensi tinggi dan respon yang cepat manakal terjadi perubahan voltage listrik. Pilihlah pula stabilizer yang mempunyai garansi yang lebih lama, sehingga Anda tidak perlu bingung ketika stabilizer Anda bermasalah. Sampai saat ini Stabilizer merek Yoritsu lah yang lebih memenuhi kriteria tersebut.

Hubungi Marketing Support kami untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan. Kami siap membantu anda memilih stabilizer yang terbaik.

Search

Like Yoritsu @ Instagram

Stabilizer Yoritsu Engineer's Choice @yoritsustabilizer

    Like Yoritsu @ Facebook

    Tidak temukan Stabilizer atau Trafo yang Anda cari ? Just call :

      (021) 2925-5900

    Mau solusi terbaik untuk kebutuhan Stabilizer & Trafo Anda ? Just click :

      MARKETING SUPPORT 

    Mau lebih mudah order Stabilizer atau Trafo yang Anda butuhkan? Just fill :

      ORDER REQUEST FORM

    Map Hexta

    Peta menuju PT. Hexta

    Contact Hexta

    •   sales@hexta.co.id
    •   (021) 2925-5900 ( Hunting-1 )
    •   (021) 2925-5905 ( Hunting-2 )
    •   (021) 2925-5916 ( Fax-1 )
    •   (021) 2925-5917 ( Fax-2 )
    •   Jl. Tol Cikampek KM.26 - Bekasi

    Get Connected

                   

    channel video hexta

    NEW!! Video Assembly Stabilizer Digital Yoritsu 1600 KVA

    Kunjungi Channel Video Kami