Jenis - jenis Stabilizer atau AVR (automatic voltage regulator)

Stabilizer / Automatic Voltage regulator merupakan produk kelistrikan yang mulai banyak beredar di pasaran. Dari kapasitas yang kecil hingga yang berkapasitas sangat besar sudah bisa kita temui di pasaran. Untuk memakai stabilizer / automatic voltage regulator harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Karena setiap stabilizer di produksi dengan berbagai kapasitas dan keunggulan masing-masing.

Stabilizer yang diproduksi umumnya dibagi menjadi 4 jenis, tetapi dalam artikel kali ini saya hanya membahas stabilizer atau AVR yang paling banyak digunakan oleh konsumen. Jenis stabilizer tersebut dibagi menjadi 2 yaitu Stabilizer Servo/Motor dan Stabilizer Ferro Resonant

1. Stabilizer Servo / Motor

Stabilizer dengan sistem kerja Servo-Motor adalah stabilizer yang paling banyak di temui di pasaran. Komponen utama didalam stabilizer ini adalah Motor Listrik sebagai penggerak utama dalam stabilizer tersebut. Sehingga, ketika terjadi voltage listrik yang naik atau turun dari sumber listrik (PLN), Motor Listrik bekerja menstabilkan listrik ke voltage yang stabil (380V atau 220V). Seperti halnya Stabilizer Yoritsu yang kami produksi, adalah jenis stabilizer servo motor.


Keunggulan dari stabilizer jenis Servo ini, selain harganya yang murah, jangkauan fluktuasi listrik dari stabilizer tipe ini cukup tinggi dibandingkan dengan tipe-tipe lainnya. Namun, kelemahan dari stabilizer tipe ini, response time yang diperlukan untuk menstabilkan tegangan cukup lama, yaitu di kisaran 1-2 detik. Untuk stabilizer tipe servo membutuhkan Carbon Brush untuk penghantar listriknya. Stabilizer tipe servo membutuhkan maintenance penggantian carbon brush jika sudah habis / aus.


Tidak perlu khawatir, untuk karbon brush mudah sekali diganti. Karena stabilizer merek Yoritsu, mempunyai team teknisi yang andal dalam hal maintenance.
Jangka waktu pergantian karbon brush tidak bisa diperkirakan dikarenakan tergantung dari banyaknya kerja dari stabilizer itu sendiri. Namun umumnya pergantian karbon brush setelah 2-3 tahun pemakaian.


2. Stabilizer Ferro Resonant

Stabilizer Ferro Resonant merupakan stabilizer dengan teknologi yang berbeda dari semua stabilizer. Sistem kerja nya menggunakan capacitor dan isolation transformer, stabilizer tipe ini bisa di andalkan dalam menangani permasalahan listrik, tidak hanya untuk tegangan listrik yang tidak stabil naik atau turun namun juga melindungi peralatan dari Surge, Sag, Spike serta Noise.


Kelemahan utama dari Stabilizer tipe Ferro resonant ini harganya sangat mahal. Harga stabilizer tipe ini bisa dua kali lipat dari harga stabilizer tipe servo motor. Umumnya stabilizer ini digunakan untuk mesin-mesin tertentu yang membutuhkan response regulating listrik yang cepat.
Sebelum konsumen memilih untuk membeli stabilizer, baiknya menentukan terlebih dahulu kebutuhan yang sesuai oleh konsumen. Kesalahan pemakaian stabilizer akan menyebabkan hasil yang dibutuhkan tidak sesuai, misal terlalu mahal atau response time yang dibutuhkan tidak mencukupi.
Pemakaian stabilizer untuk rumahan sebaiknya menggunakan stabilizer tipe servomotor untuk menghemat biaya.

Jika ragu, segera hubungi marketing stabilizer / AVR Yoritsu untuk berkonsultasi.
Yoritsu Stabilizer sebagai salah satu merek ternama di Indonesia untuk product Stabilizer siap memberi solusi untuk permasalahan voltage listrik di rumah atau kantor anda. Kami memiliki garansi produk hingga 5 tahun bagi konsumen yang membeli stabilizer Yoritsu. Segera hubungi PT. Hexta Integral Technology untuk mendapatkan product stabilizer Yoritsu.

Search

Like Yoritsu @ Instagram

Stabilizer Yoritsu Engineer's Choice @yoritsustabilizer

    Like Yoritsu @ Facebook

    Tidak temukan Stabilizer atau Trafo yang Anda cari ? Just call :

      (021) 2925-5900

    Mau solusi terbaik untuk kebutuhan Stabilizer & Trafo Anda ? Just click :

      MARKETING SUPPORT 

    Mau lebih mudah order Stabilizer atau Trafo yang Anda butuhkan? Just fill :

      ORDER REQUEST FORM

    Map Hexta

    Peta menuju PT. Hexta

    Contact Hexta

    •   sales@hexta.co.id
    •   (021) 2925-5900 ( Hunting-1 )
    •   (021) 2925-5905 ( Hunting-2 )
    •   (021) 2925-5916 ( Fax-1 )
    •   (021) 2925-5917 ( Fax-2 )
    •   Jl. Tol Cikampek KM.26 - Bekasi

    Get Connected

                   

    channel video hexta

    NEW!! Video Stabilizer Digital Yoritsu 2000 KVA, project Cibitung

    Kunjungi Channel Video Kami